Assalamualaikum Wr.Wb. Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan dilimpahkan rahmat serta selalu dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan ini saya ingin membagikan sebuah artikel mengenai SBMPTN dalam konteks Tips ! mendapatkan score tinggi dalam sbmptn. Langsung saja berikut ini adalah artikel mengenai tips mendapatkan score tinggi dalam sbmptn.

Tes Potensi Akademik menjadi salah satu materi yang diujikan dalam SBMPTN. Artinya, nilai TPA berpengaruh terhadap skor akhir kalian saat menghadapi SBMPTN. Perhatikan cara menghitung nilai passing grade akhir dalam SBMPTN.

Tes Potensi Akademik (TPA)           : 30%
Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP)  : 70%

Cara menghitung Passing grade sebagai berikut :
  • Hitung terlebih dahulu nilai TPA, rumusnya,
          ( 4 (total benar) - (total salah) / ( 4 x total soal TPA ) x 100 % = NILAI TPA
  • Kemudian, hitung nilai TBPS, rumusnya,
          ( 4 (total benar) - (total salah) / ( 4 x total soal TBPS ) x 100 % = NILAI TBPS
  • Terakhir, nilai passing grade akhir dihitung sebagai berikut,
          ( 3 (NILAI TPA) + 7 (NILAI TBPS) / 10 ) = PASSING GRADE

Perlu dipahami bahwa penilaian dalam SBMPTN menggunakan sistem persentil, artinya setelah jawaban dikoreksi dengan "scanner" dan dinilai berdasarkan aturan baku benar bernilai +4, salah bernilai -1, maka diperoleh nilai mentah. Dari nilai mentah ini kemudian setiap siswa akan dirangking per bidang studi, dengan kata lain, semua bidang studi yang diujikan harus dikerjakan.

Perlu strategi khusus untuk bisa merain skor tinggi secara aman. Cara yang akan kita gunakan adalah dengan menggunakan acuan data passing grade. Misalkan gradenya 53,17%. Pertanyaannya adalah bagaimana cara kita bisa meraih passing grade tersebut ?

Alhamdulillah. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai tips mendapatkan score tinggi dalam SBMPTN. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih Wassalamualaikum Wr.Wb