Resmi dirilis! Melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Pemerintah telah merilis kisi-kisi UN dan kisi-kisi UNBK untuk tahun pelajaran 2019/2020. BSNP merilis kisi-kisi untuk tingkat SMP/MTs, SMA/SMK, hingga Sekolah Luar Biasa (SLB). BSNP sendiri merupakan sebuah lembaga yang mandiri, profesional dan independen yang ditunjuk untuk mengemban misi mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

Menurut Prosedur Operasional Standar (POS) UN, UN 2020 akan dilaksankan berbasis komputer (UNBK) dan berbasis kertas dan pensil (UNKP). Kisi-kis Ujian Nasional merupakan acuan dalam pengembangan dan pembuatan soal UN yang disusun berdasarkan standar kompetensi kelulusan, standar isi dan kurikulum yang berlaku.

Berdasarkan informasi dari laman kemendikbud.go.id, berikut adalah link download kisi-kisi semua mata pelajaran untuk Ujian Nasional Tingkat SMP/MTs, SMA/SMK dan SLB.

Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim (Sumber:tempo.co)

Penerapan UNBK dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, kredibilitas, kejujuran dan integritas ujian. Sekolah atau madrasah yang dapat ditetapkan sebagai pelaksana UNBK harus telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :
  1. Telah terakreditasi
  2. Tersedia sejumlah komputer dan peladen (server) sesuai kebutuhan
  3. Memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh Panitia UN

Satuan pendidikan yang tidak dapat melaksanakan UNBK dapat mengusulkan pelaksanaan ujian nasional berbasis kertas kepada Dinas Pendidikan atau kantor Kementrian Agama sesuai kewenangannya.


Ayo, jangan sampai lupa untuk mengunduh kisi-kisi UN 2020 mata pelajaran IPA. Semoga bermanfaat. Untuk penjelasan mengenai kisi-kisi diatas, silahkan simak video berikut.