Hingga saat ini beberapa orang dari kalian masih sering menanyakan cara-cara menghadapi psikotes. Oleh karena itu, silahkan simak beberapa tips dan trik dalam menghadapi psikotes berikut ini.

Tips Sebelum Psikotes Berlangsung

Pertama Istirahat yang cukup! Usahakan kalian mempunyai waktu tidur yang cukup pada malam hari sebelum waktu pelaksanaan psikotes. Hal ini akan membuat anda memiliki energi dan tingkat konsentrasi lebih tinggi.

Kedua Sarapan terlebih dahulu. Sekali lagi, ini adalah tentang kebutuhan energi dan konsentrasi yang cukup. Psikotes sangat menyita energi, pikiran dan konsentrasi kalian.

Ketiga Mempelajari contoh soal psikotes. Baik yang bersumber dari internet, ebook ataupun buku-buku psikotes. Hal ini sebagai bekal kalian dalam memahami bentuk soal-soal dalam psikotes, sekalipun kalian belum pernah mengikuti psikotes sebelumnya.

Keempat Datang tepat waktu! Jangan pernah memberikan toleransi terhadap kedisplinan dalam diri kalian sendiri. Datang tepat waktu membuat kalian lebih nyaman dan tidak terburu oleh waktu yang dapat merusak tingkat konsentrasi kalian.

Kelima Berdoa! Berdoalah kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa agar kalian selalu dimudahkan, dilancarkan dan diluluskan dalam setiap tahapan seleksi.

Terakhir Minta izin dan doa restu kepada orang tua sebelum berangkat. 

Tips Saat Psikotes Berlangsung

Perhatikan dan dengarkan dengan baik intruksi yang diberikan oleh tim penguji. Jangan ragu untuk bertanya jika ada intruksi atau hal yang belum jelas atau kalian pahami. Ingat ! Setiap tipe soal psikotes menggukan tenggat waktu, jangan sampai waktu anda terbuang karena anda bertanya ketika waktu pengerjaan sudah berjalan.

Lewatkan soal yang sulit untuk anda jawab dan kerjakan soal yang termudah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kalian dapat mengoptimalkan waktu yang diberikan.

Baca dan pahami soal dengan baik. Salah dalam memahami soal akan berakibat kesalahan dalam menjawab soal.

Jangan malas untuk mengoreksi. Jika masih ada sisa waktu pengerjaan, segera koreksi kembali soal yang sudah anda kerjakan, untuk memastikan tidak ada soal yang terlewat atau jawaban yang menurut kalian masih salah.

Tenang dan selalu berdoa. Hal ini akan menjadi sangat penting dalam pelaksanaan psikotes.

Tips Setelah Psikotes Berakhir

Tetap berdoa meminta hasil yang terbaik. Karena doa merupakan salah satu pintu rezeki yang dijanjikan oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

Jangan menyalahkan diri sendiri jika anda merasa kurang maksimal mengerjakan psikotes. Ingat ! Gagal dalam psikotes saat ini bukanlah akhir dari perjalanan dan perjuangan kalian dalam merintis karir.

                     Kumpulan Soal dan Pembahasan Psikotes